Menu

Pengertian Ras Menurut para Ahli

Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu. Persamaan umum dalam ras yaitu, ras merupakan suatu pengertian biologi, bukan pengertian sosiokultural. Misalnya, jika kita menyebut ras Negro, berarti yang dimaksud bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut seperti pandai bernain musik, melainkan ciri fisiknya, seperti warna kulitnya hitam atau bentuk rambutnya keriting. Artinya, jika kita menyebut satu kelompok ras, berarti yang dimaksudkan bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut, melainkan ciri fisiknya.

Beberapa pengertian ras menurut para ahli adalah sebagai berikut:
  • Pengertian Ras Menurut Bruce J. Cohen: Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.
  • Pengertian Ras Menurut Horton dan Hunt: Ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.
  • Pengertian Ras Menurut Alex Thio: Ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.
  • Pengertian Ras Menurut Stephen K. Sanderson: Ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri, dan diidentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.
Pengertian Ras Menurut para Ahli
Pengertian Ras

Sekian uraian tentang Pengertian Ras Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *