Menu

Pengertian Psikologi: Apa itu Psikologi?

Kata psikologi berasal dari kata “psyche” yang berarti “jiwa” atau “nafas hidup”, dan kata “logos” yang berarti “ilmu”. Dengan gabungan dua kata itu, psikologi diartikan seolah-olah sebagai ilmu jiwa yaitu ilmu yang mempelajari jiwa. Tetapi mengartikan psikologi sebagai ilmu yang mempelajari jiwa sebenarnya kurang tepat, karena dalam kenyataannya psikologi tidak mengkaji jiwa sebagai objeknya karena jiwa merupakan sesuatu yang tidak dapat diamati secara konkrit. Jiwa hanyalah merupakan salah satu aspek saja dari kehidupan individu secara keseluruhan. Psikologi mempelajari perilaku sebagai manifestasi jiwa. Dalam perkembangannya, dewasa ini ilmu psikologi terbagai dalam beberapa cabang.

Pengertian Psikologi
Pengertian psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji perilaku individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Perilaku yang dimaksud adalah dalam pengertian yang luas sebagai manifestasi hayati (hidup) yang meliputi jenis motorik, kognitif, konatif, dan afektif. Namun secara umum, psikologi dapat didefenisikan sebagai disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta bagaimana perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme, dan lingkungan eksternal.
Cara pandang dalam psikologi dewasa ini adalah perspektif biologis, evolusi, belajar, kognitif, sosiokultural, dan psikodinamika. Semua pendekatan ini secara unik mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai perilaku manusia, asumsi tentang cara kerja pikiran manusia, dan yang terpenting penjelasan seseorang tentang alasan seseorang berbuat perilaku. Berikut ini penjelasan masing-masing perspektif psikologi tersebut:
  • Perspektif biologis adalah sebuah pendekatan psikologi yang menekankan peristiwa-peristiwa tubuh dan perubahan-perubahan yang terkait dengan berbagai tindakan, perasaan, dan pikiran. 
  • Perspektif evolusi adalah suatu pendekatan psikologi yang menekankan mekanisme evolusi yang membantu menjelaskan kesamaan di antara manusia dalam kognisi, perkembangan emosi, praktek-praktek sosial, dan area-area lain dari perilaku. 
  • Perspektif belajar adalah pendekatan psikologi yang menekankan cara lingkungan dan pengalaman mempengaruhi berbagai perilaku manusia dan hewan, mencakup behaviorisme dan teori-teori belajar sosial-kognitif. 
  • Perspektif kognitif adalah pendekatan psikologi yang menekankan proses mental dalam persepsi, ingatan, bahasa, pemecahan masalah, dan berbagai area perilaku yang lain. 
  • Perspektif sosiokultural adalah pendekatan psikologi yang menekankan pengaruh sosial dan budaya terhadap perilaku. 
  • Perspektif psikodinamika adalah pendekatan psikologi yang menekankan dinamika ketidaksadaran dalam diri individu, seperti dorongan dalam diri, konflik, atau aliran energi insting.
Sekian uraian tentang Pengertian Psikologi: Apa itu Psikologi?. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *