Menu

Pengertian Populasi dan Sampel

Populasi adalah kumpulan dari keseluruhan pengukuran, objek, atau individu yang sedang dikaji. Jadi, pengertian populasi dalam statistik tidak terbatas pada sekelompok/kumpulan orang-orang, namun mengacu pada seluruh ukuran, hitungan, atau kualitas yang menjadi fokus perhatian suatu kajian. Suatu pengamatan/survey terhadap seluruh anggota populasi disebut sensus. Populasi sering juga disebut universe atau sekelompok individu atau objek yang memiliki karakteristik yang sama, misalnya status sosial sama, atau obyek lain yang mempunyai karakteristik sama seperti golongan darah.
Populasi dan Sampel
Sedangkan, pengertian sampel adalah sebagian, atau subset (himpunan bagian), dari suatu populasi. Populasi dapat berisi data yang besar sekali jumlahnya, yang mengakibatkan tidak mungkin atau sulit untuk dilakukan pengkajian terhadap seluruh data tersebut, sehingga pengkajian dilakukan terhadap sampelnya saja. Jadi, sampel merupakan bagian dari populasi, data yang diperoleh tidaklah lengkap. Namun jika pengambilan sampel dilakukan dengan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah, maka biasanya sangat mungkin diperoleh hasil-hasil dari sampel cukup akurat untuk menggambarkan populasi yang diperlukan dalam kajian yang dilakukan.
Misalnya, kita ingin mengetahui tingkat IQ murid SD di kota X, maka populasi yang dituju adalah murid-murid yang bersekolah di seluruh sekolah dasar yang ada di kota X, dan untuk keperluan ini hanya diambil sejumlah kecil populasi di atas, yang disebut sampel, serta dianggap sudah dapat mewakili seluruh karakteristik populasi yang akan diteliti.
Sekian uraian tentang Pengertian Populasi dan Sampel. Silahkan baca juga pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *