Menu

Pengertian Patriotisme: Apa itu Patriotisme?

Patriotisme berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan atau heroism dan patriotism. Pengertian patriotisme adalah suatu sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Pengorbanan tersebut dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga. Pengertian patriotisme dalam arti sempit adalah paham kecintaan terhadap tanah air sendiri. Sedangkan, pengertian patriotisme dalam arti luas adalah paham kecintaan kepada negara dan negeri sendiri.
Pengertian Patriotisme
Patriotisme dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Ervin Staub membagi patriotisme dalam dua bagian, yaitu patriotisme buta (blind patriotism) dan patriotisme konstruktif (construktive patriotism).
  • Patriotisme buta: patriotisme buta didefenisikan sebagai sebuah keterikatan kepada negara dengan ciri khas tidak mempertanyakan segala sesuatu, loyal, dan tidak toleran terhadap kritik. Melihat defenisi ini, patriotisme buta memiliki ciri khas menuntut tidak adanya evaluasi positif dan tidak toleran terhadap kritik. Patriotisme buta merupakan pemicu awal totaliterisme atau chauvinisme. Sejarah telah mencatat akibat buruk yang dihasilkan oleh patriotisme buta, misalnya Hitler-Jerman atau Mussolini-Italia. Pembantaian orang tak berdosa menjadi legal atas nama patriotisme.
  • Patriotisme konstruktif: Patriotisme konstruktif didefenisikan sebagai sebuah keterikatan pada bangsan dan negara dengan ciri khas mendukung adanya kritik dan pertanyaan dari anggotanya terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan, sehingga diperoleh suatu perubahan positif guna mencapai kesejahteraan bersama. Patriotisme konstruktif juga menuntut adanya kesetiaan dan kecintaan anggota (rakyat) kelompoknya (bangsanya), tanpa meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan. Kritik dan evaluasi terhadap kelompok yang dicintai justru merupakan bentuk kesetiaannya. Kritik dan evaluasi ini bertujuan untuk menjaga agar kelompoknya tetap pada jalur yang benar atau positif.
Sekian uraian tentang Pengertian Patriotisme: Apa itu Patriotisme?. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *