Menu

Pengertian Partai Politik Menurut Ahli

Kata “partai politik” merupakan terjemahan dari political party, yang berasal dari kata “part”, yang memiliki arti “bagian”. Secara umum, partai politik dapat dikatakan sebagai suatu kelompok yang anggota-anggotanya memiliki orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan organisasi ini ialah memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik. Berikut ini beberapa pendapat ahli mengenai pengertian partai politik:
  • Pengertian Partai Politik Menurut Carl J. Friedrick: Partai politik adalah sekelompok manusia yang terorganisasi secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan kekuasaan pemerintahan.
  • Pengertian Partai Politik Menurut R. H. Soltau: Partai politik adalah sekelompok warga negara yang telah terorganisasi dan bertindak sebagai suatu kesatuan politk yang bertujuan memanfaatkan kekuasaan untuk memiliki dan menguasai pemerintahan serta melaksanakan kebijaksanaan umum.
  • Pengertian Partai Politik Menurut Sigmund Neumann: Partai politik adalah organisasi dari aktivitas-aktivitas politik yang berusaha menguasai kekuasaan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan atau golongan-golongan lain yang mempunyai pandangan berbeda.
  • Pengertian Partai Politik Menurut Mac Iver: Partai politik adalah suatu perkumpulan yang terorganisasi untuk menyokong suatu prinsip atau kebijaksanaan politik yang diusahakan melalui cara-cara yang sesuai dengan konstitusi atau UUD.
Pengertian Partai Politik Menurut Ahli
Pengertian Partai Politik
Apa fungsi dari kehadiran partai politik? Terdapat beberapa fungsi partai politik, di antaranya sebagai berikut:
  • Partai politik sebagai sarana komunikasi politik, artinya sebagai wahana menyalurkan pendapat dan aspirasi masyarakat serta mengkomunikasikannya kepada pemerintah. Disamping itu, partai politik berfungsi untuk memperbincangkan dan menyebarluaskan rencana dan kebijaksanaan pemerintah.
  • Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik, artinya proses seseorang untuk memperoleh sikap dan orientasi terhadap fenomena politik yang umumnya berlaku dalam masyarakat. Sosialisasi politik mencakup semua proses masyarakat dalam penyampaian norma-norma dan nilai-nilai dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
  • Partai politik sebagai sarana rekruitmen politik, artinya partai politik berfungsi mencari dan mengajak orang yang berbakat untuk turut aktif dalam kegiatan politik sebagai anggota partai (political recruitment). Dengan demikian, partai politik turut memperluas partisipasi politik masyarakat dan menarik golongan muda untuk dididik menjadi kader pada masa yang akan datang.
  • Partai politik sebagai sarana pengatur konflik, artinya partai politik sebagai wahana untuk mengatasi masalah. Cara partai politik mengatur konflik masyarakat adalah dengan membuat aturan permainan atau mendukung aturan permainan yang telah ada di masyarakat. Dengan demikian, semua konflik dapat diselesaikan secara damai menurut saluran yang ada.
Sekian uraian tentang Pengertian Partai Politik Menurut Ahli, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *