Menu

Pengertian Massa Jenis Zat

Pengertian Massa Jenis Zat | Sifat penting dari suatu zat adalah massa jenisnya. Pengertian massa jenis adalah massa per satuan volume. Untuk menyatakan massa jenis, seringkali menggunakan simbol huruf Yunani ρ dibaca “rho”. Jika benda homogen yang massa m mempunyai volume V, maka massa jenisnya dapat kita tentukan dengan menggunakan rumus:

ρ = m / V
Dalam sistem SI, satuan massa jenis dinyatakan dengan kilogram per meter kubik (kg/m^3), sedangkan dalam sistem cgs satuan massa jenis adalah gram per sentimeter kubik (g/cm^3). Jika dikonversikan, kesetaraan kedua satuan ini adalah:
1 g/cm^3 = 1.000 kg/m^3)

Untuk benda homogen, massa jenisnya tetap di seluruh bagian benda. Sedangkan, untuk benda tak homogen, massa jenisnya berbeda-beda di setiap bagian. Atmosfer bumi kita mempunyai massa jenis yang berbeda-beda di setiap bagiannya/lapisannya. Untuk benda-benda tak homogen, penentuan massa jenisnya menggunakan massa jenis rata-rata. Massa jenis suatu zat sangat bergantung pada faktor suhu dan tekanannya. Selain itu, jika kita perbandingkan antara massa jenis zat dengan massa jenis air pada suhu 4 derajat celsius, maka akan kita dapat massa jenis relatif.  

Pengertian Massa Jenis Zat
Pengertian Massa Jenis Zat
Pengertian Massa jenis relatif suatu zat adalah perbandingan antara massa jenis zat tersebut dengan massa jenis air pada suhu 4 derajat celsius. Oleh karena itu, massa jenis relatif adalah bilangan murni tanpa satuan. Karena massa jenis air pada suhu 4 derajat celsius adalah 1 g/cm^3 atau 1000 kg/m^3, maka massa jenis relatif suatu zat dapat diketahui dengan mudah.
Sekian uraian tentang Pengertian Massa Jenis Zat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *