Menu

Pengertian, Jenis, Fungsi Vitamin

Pengertian Vitamin. Apa itu vitamin? Vitamin adalah molekul organik yang diperlukan dalam makanan dalam jumlah yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah asam amino esensial dan asam lemak yang diperlukan oleh hewan dalam jumlah yang sangat besar. Jumlah vitamin yang sangat kecil sudah mencukupi, dari sekitar 0,01 hingga 100 mg per hari, bergantung dari jenis vitaminnya. Akan tetapi, defisiensi vitamin dapat menyebabkan permasalahan berat. Sejauh ini, terdapat 13 jenis vitamin yang esensial bagi manusia. Vitamin-vitamin tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.
Pengertian, Jenis, Fungsi Vitamin
Pengertian Vitamin
Jenis vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B kompleks, yang terdiri atas beberapa senyawa yang umumnya berfungsi sebagai koenzim dalam proses metabolik penting. Vitamin C, juga larut dalam air, diperlukan untuk sintesis jaringan ikat. Kelebihan vitamin yang larut dalam air dieksresikan dalam urin, dan kelebihan dosis vitamin ini dalam jumlah sedang kemungkinan tidak membahayakan. Sedangkan, jenis vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin A digabungkan dengan pigmen penglihatan pada mata. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan pembentukan tulang. Vitamin K diperlukan untuk penggumpalan darah. Kelebihan vitamin yang larut dalam lemak tidak dieksresikan, tetapi didepositkan dalam lemak tubuh, sehingga kelebihan dosis bisa mengakibatkan akumulasi senyawa ini hingga mencapai kadar yang toksik.
Fungsi vitamin adalah zat yang mengatur proses dalam tubuh dan memegang peranan yang sangat vital bagi tubuh manusia. Secara umum, fungsi vitamin untuk tubuh antara lain sebagai berikut:
  • Menguatkan tulang dan gigi,
  • Mempercepat pertumbuhan
  • Membantu fungsi normal tubuh
  • Menguatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sekian uraian tentang Pengertian, Jenis, Fungsi Vitamin, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *