Menu

Pengertian Internet Terupdate

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network yang berarti jaringan yang saling terhubung. Jadi, secara sederhana dapat kita katakan bahwa pengertian internet adalah kumpulan kumputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Fungsi utama dari internet adalah menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada diseluruh dunia menjadi sebuah jaringan global. Sampai saat ini, diperkirakan terdapat ratusan ribu jaringan lokal yang terhubung ke internet. Jaringan tersebut membawa informasi dan beberapa layanan seperti email, chating, transfer file, web, dll. Internet berbeda dengan WWW (World Wide Web). 
Pengertian Internet
Dari pengertian internet diatas, maka jika terdapat sebuah komputer yang terhubung ke internet maka hal itu berarti komputer itu telah terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mangakses semua informasi yang terdapat di internet secara bebas dan gratis. Internet adalah sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah dan waktu. Internet telah banyak menunjukkan perannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya; sebagai sumber data dan informasi dan sebagai sarana pertukaran data dan informasi.
Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer yang lain, meskipun masing-masing komputer tersebut terpisah dalam jarak ribuan kilometer. Sebuah komputer yang terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut terlaksana dalam waktu yang sangat cepat. Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi (baca: Pengertian Globalisasi) karena telah menghilangkan batas-batas geografis.
Sekian uraian tentang Pengertian Internet Terupdate. Baca juga kumpulan pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *