Menu

Pengertian Herbivora, Karnivora, Omnivora

Pengertian Herbivora, Karnivora, Omnivora | Herbivora dalam istilah Latin yaitu “Herba” yang berarti “tumbuhan rerumputan” dan “Vorare” yang berarti “memakan”. Pengertian herbivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan saja. Jenis hewan selanjutnya adalah Karnivora, dalam bahasa Latin “Carno” yang berarti “daging” dan “Vorare” yang berarti “memakan”. Pengertian karnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging yang merupakan suatu  ordo atau bangsa Mamalia dan bagian dari komponen konsumen ekosistem. Selanjutnya, omnivora. Omnivora dalam bahasa Latin “Omnis” yang berarti “segala” dan “Vorare” yang berarti “segala”. Pengertian omnivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan dan hewan.
Harimau adalah Karnivora
Ciri-ciri hewan herbivora adalah hanya memiliki gigi geraham saja sebagai alat mencerna makanan. Dalam suatu ekosistem herbivora dikenal sebagai konsumen pertama, karena ia sebagai pemakan produsen (tumbuhan hijau). Contoh herbivora misalnya; sapi, domba, kuda, dan lain-lain. Sedangkan, ciri-ciri hewan karnivora adalah memiliki gigi taring (canini) yang kuat untuk digunakan mengoyak daging atau ikan, mencakup golongan anjing, kucing, dan harimau. Terakhir, ciri-ciri jenis omnivora adalah susunan giginya memiliki tiga macam, yaitu; ada gigi geraham untuk mengunyah makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi seri untuk memotong makanan, contoh omnivora misalnya; manusia.
Sekian uraian tentang Pengertian Herbivora, Karnivora, Omnivora. Silahkan baca pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *