Menu

Pengertian Gosip: Apa itu Gosip?

Gosip sering juga disebut sebagai kabar burung. Pengertian gosip adalah suatu berita yang menyebar belum tentu/tanpa berlandaskan pada kenyataan atau fakta. Dengan demikian, gosip bisa saja benar, namun bisa pula salah. Jadi, berita dalam gosip masih diragukan kebenarannya. Sebab, seringkali berita dalam gosip tidak jelas sumbernya. Umumnya, gosip muncul bila pernyataan secara terbuka tidak mungkin dilontarkan. Oleh sebab itu, berita kemudian tersebar melalui mekanisme pembicaraan antar orang. Melalui mekanisme seperti itu, berita akan tersebar dengan cepat. Apalagi berita itu menarik. Misalnya berita mengenai orang yang menjadi perhatian publik (public figure), contoh yang masing hangat saat ini adalah gosip tentang “Artis Ayu Ting ting yang digosipkan cerai dan Anji suaminya” atau gosip tentang “Seorang Guru MTs digosipkan pacaran dengan Guru TK”.
Pengertian Gosip
Parah tokoh politik maupun artis pada umumnya menjadi sasaran empuk gosip. Contoh: “Ketua DPR, Bapak Marzuki Alie digosipkan menerima uang 250 juta terkait dengan pembangunan gedung DPR yang baru”, atau gosip tentang “Mas Ibas (putra SBY) yang digosipkan ikut menerima aliran dana Hambalang”. Pada umumnya, orang tidak senang bila menjadi sasaran gosip. Sebab, gosip menyebabkan perubahan sikap masyarakat terhadap orang yang menjadi sasaran gosip. Oleh karena itu, orang akan berusaha agar tidak menjadi sasaran gosip. Gosip menjadikan seseorang menyadari kesalahannya, lalu berusaha bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Dengan demikian gosip bisa menjadi salah satu cara pengendalian sosial.
Sekian uraian tentang Pengertian Gosip: Apa itu Gosip? Silahkan lihat juga Kumpulan Pengertian lainnya, disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *