Menu

Pengertian Antropologi dan Cabang Antropologi

Istilah Antropologi berasal dari bahasa Yunani, anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos berarti pikiran atau ilmu. Secara sederhana, pengertian Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia. Menurut William A Haviland, ahli Antropologi asal Amerika Serikat, Pengertian Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari keanekaragaman manusia dan kebudayaannya. Dengan mempelajari kedua hal tersebut, Antropologi adalah studi yang berusaha menjelaskan tentang berbagai macam bentuk perbedaan dan persamaan dalam aneka ragam kebudayaan manusia. Sedangkan, menurut Koentjaraningrat, ahli Antropologi Indonesia, pengertian Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat, serta kebudayaan yang dihasilkan.
Pengertian Antropologi
Antropologi adalah cabang ilmu yang usia perkembangannya relatif lebih muda dari cabang ilmu lainnya. Ilmu ini sebenarnya mulai berkembang bersamaan dengan abad pelayaran dunia. Sebagai sebuah ilmu, Antropologi banyak bersinggungan dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, bahkan ilmu Sains, seperti Biologi maupun kedokteran. Antropologi seringkali mendapat pengaruh dari berbagai ilmu ini, baik dalam bentuk teori, metode, bahkan hasil penelitian. Secara sistematis, Antropologi terus-menerus mengembangkan teori, metode, dan hasil penelitiannya sendiri yang sangat khas. Pengaruh dari berbagai ini membuat cara pemahaman seorang antropolog terhadap sebuah kebudayaan dan masyarakat yang ada di dalamnya, menjadi jauh lebih kaya.

Antropologi dalam perkembangannya terbagi dalam beberapa cabang. Cabang-cabang Antropologi tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Antropologi Fisik: Cabang Antropologi ini mengkaji hubungan antara kebudayaan dan manusia secara biologis. Di masa lalu, kajian Antropologi fisik lebih ditekankan pada usaha untuk membandingkan manusia dengan primata lain, seperti simpanse, gorilla, dan orang utan. Antropologi fisik juga mencari hubungan antara manusia modern (Homo Sapiens) dengan nenek moyang kita seperti Homo Erectus.
  • Antropologi Budaya: Cabang ini adalah yang terbesar dalam ilmu Antropologi. Antropologi budaya meliputi keanekaragaman kebudayaan, upaya mencari unsur-unsur kebudayaan universal, mengungkapkan hubungan antara struktur sosial masyarakat dengan kebudayaannya, bahkan juga membahas mengenai interpretasi simbolik.
  • Antropologi Linguistik: Cabang Antropologi yang mengkaji tentang keanekaragaman bahasa. Namun, ruang lingkupnya jauh lebih kecil dari ilmu linguistik. Antropologi linguistik melihat bahasa dalam konteks latar belakang kebudayaan masyarakat penuturnya.
  • Arkeologi: Cabang ini seringkali dianggap sebagai ilmu tersendiri yang terpisah dari Antropologi. Namun, menurut sebagaian besar ahli Antropologi, Arkeologi sebenarnya adalah sebuah cabang ilmu dari Antropologi. Tugas Arkeologi adalah menunjukkan hubungan antara manusia masa lampau dengan habitat hidupnya beserta struktur sosial dan kebudayaan masyarakatnya.
  • Etnologi: Cabang Antropologi yang secara khusus mempelajari sejarah perkembangan kebudayaan manusia.
Sekian uraian tentang Pengertian Antropologi dan Cabang Antropologi. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *