Menu

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Software atau perangkat lunak adalah program komputer yg berfungsi sebagai sarana interaksi atau yg menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras. Software disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Berbeda halnya dengan hardware yg bersifat fisik, Software merupakan suatu perangkat pada computer yg hanya dapat dilihat saja.
Pengertian Software
Pada saat ini terdapat banyak jenis software yg sudah digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Setiap software dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing, misalnya untuk menghitung dan mengolah sekumpulan angka, membuat dokumen surat, laporan, dan makalah, membuat dan mengolah gambar, bahkan untuk membuat presentasi atau multimedia. Software ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu sistem operasi (contohnya: Microsoft Windows), bahasa pemrograman (contohnya: Pascal), dan program aplikasi (contohnya: Microsoft Office). Berikut ini pembahasan masing-masing golongan software tersebut:

1. Sistem Operasi

Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yg mempunyai banyak fungsi. Fungsi yg pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yg terhubung dengan CPU. Fungsi yg kedua adalah menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yg diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU. Fungsi yg ketiga adalah mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalan suatu software aplikasi. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yg dapat kamu gunakan, di antaranya adalah Microsoft Windows (Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8) dan Linux (Mandrake, Ubuntu, dan Redhat).

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (programming language) adalah Software yg digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yg dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Berdasarkan tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga, yaitu:
  • Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yg mengerti hanya pembuatnya saja karena isi programmnya berupa kode-kode mesin.
  • Bahasa pemrograman tingkat menengah (midle level language) Pada bahasa pemrograman tingkat menengah, penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. Walaupun begitu, bahasanya masih sulit untuk dimengerti. Yg tergolong kedalam bahasa pemrograman tingkat menengah adalah Assembler.
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih terstruktur dan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Basic, Pascal, Delphi, Visual Studio, C, C + +, ADA, Java, dan lain sebagainya.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan software yg mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yg banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton VCD, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi. Berdasarkan fungsinya, program aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya adalah program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis, pembuat presentasi, dan multimedia.
Sekian uraian tentang Pengertian Software (Perangkat Lunak), semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *