Menu

Pengertian Resensi: Apa itu Resensi?

Pengertian Resensi: Apa itu Resensi? | Kata resensi berasal dari bahasa Belanda recensie, meskipun sebelumnya istilah resensi tersebut diadopsi dari bahasa Latin yakni dari kata kerja recensere yang bermakna “memberi penilaian”. Pengertian resensi buku adalah memberikan penilaian, mengungkap kembali isi butku, memberikan ulasan, membahas, mengkritik ataupun meringkas. Dengan pengertian yang cukup luas itu, maksud ditulisnya resensi buku bertujuan menginformasikan apa saja yang termuat dalam buku itu secara sekilas kepada orang lain. Dalam pengertian yang lain, resensi adalah suatu karangan yang mengungkap penilaian terhadap suatu buku, karya seni, atau karya cipta.
Penulis resensi atau Resensator mencoba menunjukkan kelebihan-kelebihan karya cipta, nilai-nilai yang terungkap, urgensi karya cipta tersebut dalam kehidupan. Di sisi lain, penulis resensi juga menunjukkan kekurangan atau kelemahan karya cipta. Karena tujuan utama sebuah resensi adalah penyampaian informasi yang lengkap, akurat, dan objektif perihal karya cipta, maka seorang penulis resensi diharuskan memiliki tiga kemampuan berikut ini:
  • Kemampuan Analisis: berkaitan dengan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembentuk karya cipta: intrinksik atau ekstrinksik. Penulis resensi harus mampu menunjukkan keunggulan unsur-unsur yang secara langsung membentuk karya cipta (intrinksik) maupun unsur-unsur yang secara tidak langsung membentuk karya cipta (ekstrinksik).
  • Kemampuan Objektif: berkaitan dengan kemampuan menempatkan karya cipta sebagai karya yang baik atau buruk (aspek moral), layak atau tidak layak (aspek etika), benar atau salah (aspek keilmuan). Objektivitas penulis resensi sangat berperan sehingga resensi yang ditulis sungguh merupakan pedoman untuk memilih karya cipta yang layak dinikmati dan dimiliki.
  • Kemampuan Estetis: berkaitan dengan kemampuan menangkap nilai-nilai yang tertuang dalam karya cipta: humanis (kemanusiaan), estetis (keindahan), moral, maupun religius. Dengan kemampuan estetis maka penulis resensi mampu menginformasikan kegunaan karya cipta dalam konteks kehidupan.

Unsur-unsur resensi dari sebuah buku adalah sebagai berikut:

  • Judul resensi: Judul resensi harus selaran dengan keseluruhan isi resensi.
  • Data buku: judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal buku.
  • Pembukaan: memperkenalkan pengarangnya, karyanya berbentuk apa, dan prestasi apa saja yang diperoleh.
  • Isi pernyataan: berisi sinopsis, ulasan singkat buku, keunggulan buka, kelemahan buku, rumusan kerangka buku, dan tinjauan bahasa.
  • Penutup: berisi saran atau pernyataan buku itu penting untuk siapa dan mengapa.

Sekian uraian tentang Pengertian Resensi: Apa itu Resensi?, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *