Menu

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan (demand) diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang diminta oleh seseorang atau konsumen atau pembeli pada waktu tertentu pada berbagai tingkat harga. Permintaan adalah berbagai jumlah barang yang diminta oleh konsumen pada berbagai tingkat harga pada periode tertentu. Pada sistem ekonomi pasar, keputusan alokasi sumber daya didasarkan pada interaksi antara permintaan dan penawaran. Teori permintaan menjelaskan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga dan patuh pada hukum permintaan. Hukum permintaan menjelaskan apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen akan turun, ceteris paribus. Sebaliknya, bila harga turun maka jumlah yang akan diminta akan meningkat. Keberlakukan hukum permintaan yang bersifat ceteris paribus (faktor-faktor lain tidak berubah). Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Pendapatan konsumen
  • Harga barang subtitusi dan komplementer
  • Selera konsumen
  • Jumlah penduduk
  • Harpaan dan ekspektasi masyarakat

Dalam teori permintaan, dikenal dengan adanya istilah kurva permintaan. Pengertian kurva permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta. Kurva permintaan dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Apa pengertian penawaran? Pengertian penawaran (supply) diartikan sebagai kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah produk pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Penawaran juga dapat diartikan sebagai jumlah komoditas atau output, baik berupa barang maupun jasa yang akan dijual oleh pengusaha kepada konsumen. Selama keadaan ceteris paribus, hanya perubahan harga barang yang memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran, diantaranya:
  • Biaya produksi
  • Kemampuan perusahaan berproduksi
  • Harapan perusahaan
  • Ketersediaan sumber-sumber produksi
Dalam teori penawaran, dikenal juga istilah kurva penawaran. Pengertian kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Berikut ini contoh dari kurva penawaran tersebut:
Kurva Penawaran
Sekian uraian tentang Pengertian Permintaan dan Penawaran, semoga bermanfaat. 
Referensi:
  • Pracoyo, Kunawangsih. Pracoyo, Antyo. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Grasindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *