Menu

Pengertian Nasionalisme Menurut Ahli

Nasionalisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berasal dari kata “Nasional” dan “isme”, yaitu paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air. Rasa nasionalisme juga identik dengan memiliki rasa solidaritas. Nasionalisme juga mengandung makna persatuan dan kesatuan. Dari beberapa makna tersebut, pengertian nasionalisme adalah paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Menurut Soekarno, pengertian nasionalisme adalah sebuah pilar kekuatan bangsa-bangsa terjajah untuk memperoleh kemerdekaannya. Pengertian nasionalisme dapat juga diartikan sebagai formalisasi (bentuk) dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri.
Pengertian Nasionalisme
Berikut ini beberapa Pengertian Nasionalisme Menurut Ahli:
  • Pengertian Nasionalisme Menurut Ernest Gellenervia: Nasionalisme adalah suatu prinsip politik yang beranggapan bahwa unit nasional dan politik seharusnya seimbang.
  • Pengertian Nasionalisme Menurut Anderson: Nasionalisme adalah kekuatan dan kontinuitas dari sentimen dan identitas nasional dengan mementingkan nation.
  • Pengertian Nasionalisme Menurut H. Kohn: Nasionalisme adalah suatu bentuk state of mind and an act of consciousness.
  • Pengertian Nasionalisme Menurut Ernest Renan: Nasionalisme adalah kemauan untuk bersatu tanpa paksaan dalam semangat persamaan dan kewarganegaraan.
Sekian uraian tentang Pengertian Nasionalisme Menurut Ahli, semoga bermanfaat.
Referensi: 
  • Rahayu, Minto. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa. Jakarta: Grasindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *