Menu

Pengertian Modem (Modulasi-Demodulasi)

Modem adalah singkatan dari modulasi-demodulasi. Secara umum, pengertian modem adalah peralatan yang dapat mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. Dari pengertian modem ini, dapat juga kita ketahui fungsi modem. Jadi, modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara, sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon.
Pada saat menerima data dari Internet, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital, sehingga komputer dapat membaca sinyal tersebut. Dengan cara ini, modem membuat dua buah komputer dapat berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit perdetik. Ada dua jenis modem yaitu modem internet dan eksternal. Pengertian Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di motherboard komputer atau dipasang dalam CPU, sedang pengertian modem eksternal adalah modem yang dipasang terpisah ke komputer dengan menggunakan kabel usb atau kabel serial. Berikut ini gambar contoh dari modem internal dan modem eksternal:
Modem Internal

Modem Eksternal
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah. Sedangkan kelemahannya adalah pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain. Sedangkan, keuntungan penggunaan modem eksternal adalah dari satu komputer ke komputer lain dengan cara yang mudah. Kelemahannya modem eksternal adalah harganya yang relatif lebih mahal. Modem dapat bekerja dengan baik apabila komputer dapat mengenali perangkat yang dipasang tersebut. Agar dapat dikenali, sebuah modem harus diinstal terlebih dahulu. Proses penginstalan dilakukan dengan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi komputer dapat mengenali modem yang dipasang. Biasanya driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang akan diberikan pada saat membeli modem.
Sekian uraian tentang Pengertian Modem (Modulasi-Demodulasi), semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *