Menu

Pengertian Intranet: Apa itu Intranet?

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yg menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yg dimiliki oleh Internet seperti email, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yg hanyabackbone Internet. Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang, dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui

Pengertian Intranet

Salah satu hal yg terpenting dalam Intranet adalah keamanan jaringan (network security). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yg dipakai bersifat umum (public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet. Intranet mulai diseba pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yg mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yg menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas Internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.

Dalam perkembangannya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah Intranet dengan jangkauan yg luas melalui jaringan Internet. Intranet sudah menjadi komponen penting dalam suatu perusahaan dewasa ini. Intranet dalam perusahaan akan berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, semakin besar suatu perusahaan, maka Intranet yg diperlukan juga semakin besar. Permasalahan ini akan semakin kompleks apabila perusahaan tersebut mempunyai banyak kantor cabang yg tersebar di berbagai kota dengan jarak yg jauh. Sedangkan, di lain pihak seluruh kantor tersebut memerlukan suatu metode untuk selalu berhubungan, misalnya untuk transfer dansinkronisasi data.

Ada beberapa alasan mengapa suatu lembaga menggunakan Intranet, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Memungkinkan keterpaduan yg mudah antara email internal dan eksternal.
  • Memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yg mudah, berkemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan, pencarian kembali, mengkomunikasikan, dan mengolah sumber-sumber informasi organisasi.
  • Memungkinkan kemudahan dalam akses pada berbagai sumber yg menarik dari internet, khususnya materi yg dipublikasikan pada World Wide Web.
Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan, di antaranya:
  • Produktivitas kerja. Adanya Intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yg dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
  • Pemanfaatan waktu. Melalui Intranet, pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efisiensi waktu. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
  • Komunikasi. Adanya Intranet dapat memudahkan komunikasi antarbagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
  • Operasi dan manajemen. Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antar organisasi.
  • Kerangka perubahan budaya kerja. Melalui Intranet, pegawaipegawai organisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.
Sekian uraian tentang Pengertian Intranet: Apa itu Intranet?, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *