Menu

Pengertian dan Sistematika Makalah

Pengertian dan Sistematika Makalah | Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Suatu makalah memiliki sistematika yang terbagi menjadi empat bagian, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasaan, dan simpulan atau penutup. Makalah adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi. Suatu makalah memiliki karakteristik yaitu; hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan, mendemonstrasikan pemahaman tentang permasalahan teoritik yang sedang dikaji dalam makalah, menunjukkan kemampuan terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan, dan mendemonstrasikan berbagai sumber informasi dari makalah dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.
Pengertian Makalah
Makalah biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu, makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper). Pengertian makalah biasa, yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji dalam makalah. Penulis juga memberikan pendapat, baik berupa kritik atau saran, mengenai pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, dalam makalah biasa tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.
Sedangkan pengertian makalah posisi (position paper) adalah makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana saja si penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Untuk membuat makalah posisi, penulis tidak hanya dituntut untuk mempelari sumber tertentu, tetapi berbagai sumber yang pandangannya berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat bertentangan.
Bagaimana sistematika penulisan makalah? Sistematika makalah, baik makalah biasa maupun makalah posisi memiliki sistematika penulisan sebagai berikut:
  • Pendahuluan: Pada bagian pendahuluan makalah dikemukakan persoalan yang akan dibahas (latar belakang masalah, masalah, tujuan, prosedur, pemecahan masalah, dan sistematika uraian)
  • Isi: Pada bagian isi makalah didemonstrasikan kemampuan dalam menjawab masalah yang diajukan.
  • Simpulan: Bagian simpulan makalah juga disebut bagian penutup yang berisi tentang makna yang diberikan penulis makalah terhadap hasil uraian yang telah dibuatnya. Dalam mengambil simpulan tersebut, penulis makalah harus mengacu kembali ke permasalahan yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Sekian uraian tentang Pengertian dan Sistematika Makalah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *