Menu

Pengertian Seni Menurut para Ahli

Pengertian Seni Menurut para Ahli – Seni tumbuh dan berkembang seiring dengan peradaban manusia serta bersifat universal. Begitupun dengan pengertian seni, selalu berkembang dari masa ke masa sejalan dengan perkembangan pandangan manusia terhadap seni. Konsep, proses, dan bentuk seni sangat beragam dan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia. Seni bersifat kreatif yang tercermin pada penciptaan hal-hal baru yang tidak dikenal sebelumnya. Seni bercorak individualistis dicirikan dengan kemampuan suatu seni menunjukkan ciri pribadinya. Seni juga bersifat ekspresif, abadi, dan universal.
Pengertian Seni Menurut para Ahli
Pengertian Seni
Berikut ini beberapa pengertian seni yang dikemukakan oleh para ahli, filsuf, pakar seni, pakar pendidikan, dan pakar kebudayaan:
  • Menurut Plato: Seni adalah hasil tiruan alam (art is imitator naturam). Pandangan mengenai seni sebagai imitasi ini berlangsung dominan sampai abad ke-19.
  • Menurut Benedeto Croce: Seni adalah ungkapan kesan-kesan (art is expression of impressions)
  • Menurut Leo Tolstoy: Seni adalah aktivitas manusia yang menghasilkan sesuatu yang indah.
  • Menurut Susanne K. Langer: Seni dapat diartikan sebagai kegiatan menciptakan bentuk-bentuk yang dapat dimengerti atau dipersepsi yang mengungkapkan perasaan manusia.
  • Menurut S. Sudjojono: Seni adalah jiwa tampak.
  • Menurut Ki Hajar Dewantara: Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya yang hidup dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
Berdasarkan pengertian seni tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan sarana komunikasi perasaan dan pengalaman batin seseorang kepada kelompok masyarakatnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadinya.
Sekian uraian tentang Pengertian Seni Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Comments 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *