Menu

Pengertian Narkoba (Napza)

Pengertian Narkoba (Napza) | Narkoba (narkotika dan obat/bahan berbahaya) atau Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lain) adalah obat, bahan, atau zat bukan makanan, yang jika diminum, diisap, dihirup, ditelan, atau disuntikkan, berpengaruh pada kerja otak. Narkoba (Napza) dapat mengubah perasaan, pikiran, dan perilaku pengguna. Penyalahgunaan narkoba (napza) adalah penggunaan narkoba bukan untuk tujuan pengobatan, dalam jumlah berlebih, secara teratur dan berlangsung cukup lama. Narkoba (Napza) dapat menyebabkan rasa ketergantungan akibat dari penggunaan narkoba yang berat sehingga jika mengurangi atau berhenti menggunakan narkoba akan timbul gejala putus narkoba (sakau).
Pengertian Narkoba
Untuk mempertahankan pengaruh narkoba seperti semula, pengguna narkoba mengonsumsinya dalam jumlah yang makin lama makin banyak. Keadaan ini disebut toleransi. Narkoba yang sering disalahgunakan dan menyebabkan ketergantungan antara lain, heroin, sabu, ekstasi, obat penenang, dan obat tidur, dan kokain. Orang menggunakan narkoba karena berbagai alasan seperti untuk mengurangi stres, bersenang-senang, atau untuk sosialisasi. Biasanya orang mencoba narkoba karena ditawarkan teman atau untuk memenuhi rasa keingintahuannya. Orang lain menggunakan narkoba untuk mengatasi stress.
Narkoba (Napza) dapat mengubah suasana hati dan perilaku pengguna, walaupun sifatnya sementara dan semu, seperti; Bebas dari rasa kesepian, bebas dari perasaan negatif lain, kenikamatan semu, pengedalian semu, dan krisis yang menetap. Penyalahgunaan narkoba berhubungan dengan kejahatan dan perilaku a-sosial lain yang mengganggu suasana tertib dan aman. 
Sekian uraian tentang Pengertian Narkoba (Napza), semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Martono. 2006. 16 Modul Latihan Pemulihan Pecandu Narkoba Berbasis Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *