Menu

Pengertian HTML (Hypertext Markup Language)

Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) | HTML atau Hypertext Markup Language adalah suatu sistem penulisan perintah dan formating hypertext sederhana yang ditulis ke dalam dokumen teks ASCII agar dapat menghasilkan tampilan visual yang terintegrasi. Dengan kata lain, dokumen yang dibuat dalam aplikasi pengolah kata dan disimpan ke dalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan tampahan perintah-perintah HTML.

Pengertian HTML (Hypertext Markup Language)
Pengertian HTML
Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan user untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini:
  • Menentukan ukuran dan alur teks
  • Mengintegrasikan gambar dengan teks (in-line) 
  • Membuat links
  • Mengintegrasikan file audio dan video
  • Membua form Interaktif
HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan formatting dl dalam halaman web daripaada menentukan penampilannya. Sedangkan web browser digunakan untuk mengiterpretasikan perintah-perintah HTML. Salah satu hal penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya lingua franca (bahasa komunikasi). HTML tidak didesain untuk dekstop publishing, tetapi didesain sebagai bahasa pengkodean untuk World Wide Web. HTML menawarkan beberapa kemampuan untuk menampilakn dokumen memalui berbagai macam sistem komputer.

Penentuan tampilan halaman web tergantung pada web browser yang digunakan. Penentuan kondisi oleh HTML yang akan digunakan. Penentuan kondisi oleh HTML menggambarkan keterbatasan kemampuan komputer yang berbeda, baik dari segi grafikal sampai teks.
Sekian uraian tentang Pengertian HTML (Hypertext Markup Language), semoga bemanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *