Menu

Pengertian Perubahan Sosial Menurut para Ahli

Perubahan sosial merupakan suatu proses dalam suatu sistem sosial yang tampak dalam bentuk perbedaan-perbedaan yang dapat diukur dan terjadi dalam kurun waktu tertentu. Perubahan sosial budaya dalam masyarakat banyak sekali bentuknya, antara lain perubahan norma, nilai, pola perilaku, peralatan hidup, pandangan hidup, dan sebagainya. Dalam setiap perubahan, pasti ada unsur-unsur yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan sosial itu mencakup perubahan sistem status, hubungan-hubungan di dalam keluarga, sistem politik, kekuasaan, dan penyebaran penduduk. Perubahan sosial dapat terjadi karena proses imitasi kebudayaan. Banyak ahli sosiologi maupun ahli antropologi memberikan arti atau makna perubahan sosial secara berbeda.
Pengertian Perubahan Sosial
Berikut ini beberapa Pengertian Perubahan Sosial Menurut para Ahli, selamat menyimak.
  • Pengertian Perubahan Sosial Menurut Robert Morrison MacIver: perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut. 
  • Pengertian Perubahan Sosial Menurut Selo Soemardjan: perubahan sosial adalah semua perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat,di mana perubahan tersebut memengaruhi sistem sosialnya. Perubahan sosial yang dimaksud mencakup nilai-nilai dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • Pengertian Perubahan Sosial Menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin: Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi goegrafis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyarakat tersebut.
  • Pengertian Perubahan Sosial Menurut Samuel Koening: Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun eksteren.
Sekian uraian tentang Pengertian Perubahan Sosial Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *