Menu

Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli

Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli | Tahukah Anda apa Pengertian dari Pembelajaran? Uraian materi kali ini adalah khusus menyajikan materi tentang pengertian pembelajaran yang kami himpun dari beberapa ahli.
Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli
Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli
Dibawah ini kami berikan beberapa Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli tentang Pembelajaran:

  • Corey: Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.
  • Dimyati dan Mudjiono: Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yg menekankan pada penyediaan sumber belajar”.
  • Trianto: Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yg kompleks, yg tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangkan mencapai tujuan yg diharapkan.
  • Warsita: Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik”.
  • UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20: Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  • Sudjana: Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yg sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yg melakukan kegiatan membelajarkan.

Sekian uraian tentang Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli, semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *