Pengertian Sublimasi dan Contoh Sumblimasi


Advertisement
Loading...

Pengertian Sublimasi dan Contoh Sumblimasi – Apa yang dimaksud dengan sublimasi? Sublimasi adalah istilah dalam kimia yang berhubungan dengan perubahan zat. Selain itu, istilah sublimasi juga dipakai untuk menyebut salah satu metode pemisahan campuran kimia. Dalam hal perubahan zat, sublimasi adalah perubahan wujud zat dari padat ke gas atau dari gas ke padat. Bila partikel penyusun suau zat padat diberikan kenaikan suhu sebesar tertentu, maka partikel tersebut akan menyublim menjadi gas. Sebaliknya, bila suhu gas tersebut diturunkan, maka gas akan segera berubah wujudnya menjadi padat kembali. 
Pengertian Sublimasi dan Contoh Sumblimasi
Sublimasi
Proses pemisahan campuran secara sublimasi adalah dengan cara memanaskan zat padat yang terlarut pada zat padat sehingga zat padat yang ingin kita ambil akan berubah menjadi gas. Gas yang dihasilkan ditampung, lalu didinginkan kembali. Syarat pemisahan campuran dengan menggunakan cara sublimasi adalah partikel yang bercampur harus memiliki perbedaan titik didih yang besar sehingga kita dapat menghasilkan uap dengan tingkat kemurnian tinggi.

Contoh Sublimasi

Contoh sublimasi yang paling mudah kita lihat adalah pada proses pembuatan kabur barus. Campuran kapur barus dan arang dipanaskan sehingga kapur barus yang dapat menyublim akan menguap. Setelah itu zat tersebut didinginkan sehingga menjadi padat kembali.

Sekian uraian tentang Pengertian Sublimasi dan Contoh Sublimasi, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Sublimasi dan Contoh Sumblimasi | FAJAR ASHAR | 4.5