Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya


Advertisement
Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya – Apa saja unsur intrinsik dalam cerpen? Unsur intrinsik adalah unsur yang langsung membangun karya tersebut dan berada di dalam karya tersebut. Begitupun dengan cerpen yang didalamnya terdapat unsur-unsur intrinsik yang merupakan satu kesatuan yang saling membangung dan tak terpisahkan. Meskipun cerpen adalah jenis cerita yang tergolong singkat, cerpen tetap memuat unsur intrinsik yang sama dengan karya cerita yang lebih panjang seperti roman atau novel. Unsur ini memegang peranan sangat penting dalam memahami keseluruhan makna cerita yang ada terkadung cerpen. Selain itu, unsur intrinsik ini pulalah yang digunakan untuk menilai kualitas dari sebuah cerpen.

Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya

Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya
Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya

Baca Juga: Pengertian Cerpen

Pada umumnya, unsur intrinsik cerpen terdiri dari; tema, latar, amanat, alur, penokohan, sudut pandang, dan amanat. Berikut penjelasan masing-masing unsur tersebut:

Tema

Tema adalah ide pokok yang melandasai sebuah cerpen. Sebuah cerpen dibangun oleh pengarangnya dari tema atau ide pokok itu dengan memanfaatkan unsur-unsur intrinsik lainnya. Jadi, tema harus ada dan sudah ditentukan oleh pengarang sebelum menulis cerpen karena tema merupakan persoalan pokok yang melandasi cerita.

Lebih lengkap tentang Tema, baca: Pengertian Tema

Latar

Latar adalah tempat terjadinya suatu peristiwa dalam cerpen. Sebagai unsur intrinsik dalam cerpen, latar dapat disajikan oleh pengaran dalam tiga jenis, yaitu tempat, waktu, dan suasana. Latar tempat menunjukkan lokasi terjadinya peristiwa dalam cerpen, latar waktu menunjukkan kapan peristiwa berlangsung, sedangkan latar suasana menggambarkan bagaimana keadaan lingkungan penceritaan sebagai reaksi dan peristiwa dalam cerita, misalnya: sedih, haru, gembira, cemas, dan lain-lain.

Alur

Alur adalah jalan cerita atau rangkaian peristiwa yang sambung-menyambung berdasarkan hubungan sebab-akibat. Alur dapat juga diartikan sebagai pergerakan cerita dari awal sampai akhir cerita. Sebagai unsur intrinsik, alur sangat membantu pembaca untuk menangkap gambaran utuh cerita yang  disuguhkan dalam cerpen.

Lebih lengkap tentang Alur, baca: Pengertian Alur

Penokohan

Penokohan adalah cara pengarang dalam menggambarkan dan mengembangkan karakter atau watak tokoh-tokoh dalam cerita. Untuk menggambarkan tokoh tersebut, karakter tokoh dapat diceritakan langsung oleh tokoh atau bisa juga karakter tokoh dikemukakan melalui penggambaran fisik, tingkah laku, atau jalan pikiran.

Sudut Pandang

Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam membawakan cerpen. Sebagai unsur instrinsik, sudut pandang dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai orang pertama atau orang ketiga. Orang pertama berarti pengarang berada dalam cerita dan biasanya menggunakan kata ganti aku atau saya. Sedangkan, sebagai orang ketiga berarti posisi pengarang berada di luar cerita dan biasanya menggunakan kata ganti dia, mereka, atau nama orang.

Amanat

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang cerpen. Pesan ini bisa berupa harapan, kritikan, nasehat, dan sebagainya.

Lebih lengkap tentang Amanat, baca: Pengertian Amanat

Sekian uraian tentang Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya, semoga bermanfaat.

Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Unsur Intrinsik Cerpen dan Artinya | FAJAR ASHAR | 4.5