Pengertian Printer dan Jenis Printer


Advertisement
Pengertian Printer dan Jenis Printer – Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data digital yang tersimpan di komputer. Printer terhubung dengan komputer melalui kabel USB. Selain itu, sebuah printer juga membutuhkan daya listrik untuk bekerja. Pada penggunaan pertama, sebuah printer harus melalui proses instalasi drive pada komputer. Printer berfungsi untuk mencetak berbagai pesan, gambar, dan tampilan lainnya dari komputer ke media berupa kertas atau sejenisnya. Ketajaman hasil print diukur dalam satuan dpi atau dot per inch (banyaknya titik dalam satu inci). Semakin tinggi dpi dari printer, maka akan semakin tajam hasil cetakannya. Untuk kecepatan print, diukur dalam satuan ppm (page per minute) yakni banyaknya halaman yang mampu dicetak printer per menit.
Pengertian Printer dan Jenis Printer
Pengertian Printer dan Jenis Printer

Jenis Jenis Printer

Banyak merek printer ternama yang beredar di pasaran. Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah printer, yaitu jenis printer, ketajaman hasil cetakan, kecepatan mencetak, dan harga. Berdasarkan hasil cetakannya, printer terbagi menjadi tiga jenis yaitu dot-matrix, inkjet, dan laser jet.

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix

Printer jenis dot-matrix biasa digunakan untuk mencetak dokumen transaksi, seperti yang biasa dijumpai di kasir-kasir bank, pasar swalayan, minimarket, wartel, dan di stasiun kereta api. Printer jenis ini biasa digunakan untuk mencetak struk belanja, kliring pada buku rekening bank, nota-nota pembelian-penjualan, faktur, dan data tiket kereta api. Printer jenis ini menggunakan pita karbon sebagai material pencetaknya dan menimbulkan suara desing saat mencetak dokumen. Printer dot-matrix mencetak dengan cara mengetuk pita seperti dalam mesin ketik biasa. Untuk mencetak gambar, hasilnya kurang baik karena gambar yang tercetak akan nampak seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Printer Inkjet

Printer Inkjet

Printer Inkjet

Printer jenis inkjet tidak mengeluarkan bunyi desing saat mencetak. Tinta berbahan dasar air merupakan material pencetak pada printer inkjet. Cara kerja printer inkjet adalah mencetak dengan cara memasukkan satu demi satu titik warna ke area gambar. Cara inilah yang membuat hasil yang diperoleh dan printer lnkjet sangat baik. Kelemahannya, pada umumnya hasil cetak printer inkjet rentan terhadap tetesan atau percikan air karena akan membuat hasil cetak menjadi luntur. Printer inkjet biasa digunakan di rumah, kantor, dan untuk kebutuhan cetak secara umum.

Printer Laser

Printer Laser

Printer Laser

Printer Laser adalah jenis printer yang menggunakan toner. Bentuk dan cara pengoperasiannya mirip dengan mesin fotokopi, yaitu menggunakan photographic drum sehingga hasil cetakannya cepat kering. Printer laser mencetak sangat cepat dan dapat mencapai lebih dan 10 lembar per menit. Dari segi kualitas cetakan, printer laser menghasilkan cetakan yang lebih baik dari pada printer dot-matrix atau inkjet. Kelemahan dari printer laser adalah harganya yang mahal. Printer jenis ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen atau objek yang membutuhkan hasil cetak dengan ketajaman cetak tinggi.
Sekian uraian tentang Pengertian Printer dan Jenis Printer, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Printer dan Jenis Printer | FAJAR ASHAR | 4.5