Pengertian Flashdisk


Advertisement
Pengertian flashdisk atau USB flash drive adalah perangkat penyimpan data yang terdiri dari memori flash dan terintegrasi dengan antarmuka USB (Universal Serial Bus). Flashdisk memiliki sifat dapat dibaca dan ditulis oleh komputer dan akan mempertahankan informasi yang telah ditulis di dalamnya walaupun tanpa adanya arus listrik. Dengan demikian, data yang ada di dalam flashdisk akan tetap tersimpan di memori flash walaupun tanpa menggunakan baterai. Secara fisik, bentuknya lebih kecil dari ukuran sebuah disket, sedangkan kapasitasnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan disket atau bahkan CD. Hal inilah yang membuat flashdisk mudah dibawa ke mana-mana dan menjadi media penyimpanan data andalan.
Pengertian Flashdisk
Pengertian Flashdisk
Kapasitas memori flashdisk sangat beragam, mulai dari beberapa megabyte. Pada November 2006, kapasitas flashdisk antara 128 megabyte sampai dengan 64 gigabyte. Hingga awal tahun 2010, kapasitas flashdisk mampu menyamai kapasitas harddisk, yaitu 256 gigabyte. Tentunya dengan perkembangan teknologi komputer, kapasitas flashdisk akan terus bertambah mengikuti ukuran data yang semakin besar. Umur flashdisk secara normal menggunakan hitungan siklus tulis/hapus informasi di dalamnya, sehingga semakin sering digunakan untuk menyimpan dan menghapus data, maka umur flashdisk juga semakin berkurang. Beberapa merek flashdisk memiliki siklus tulis/hapus hingga 1 juta kali.

Mulai tahun 2005, sebagian komputer desktop dan laptop mulai meninggalkan floppy drive pada paket penjualannya dan mendukung penuh penggunaan antarmuka USB. Begitupula dengan dukungan perangkat lunak, selain Windows, penggunaan flashdisk dengan antarmuka USB juga didukung oleh sistem operasi modern lain, seperti MacOS X dan hampir semua distro Linux. Dengan berkembangnya teknologi USB 2.0, flashdisk memiliki kapasitas penyimpan yang lebih besar dengan proses transfer data yang semakin cepat, bahkan lebih cepat dibandingkan kecepatan transfer data pada optical drive, seperti CDROM dan DVDROM.

Meningkatnya kebutuhan konsumen melahirkan berbagai macam variasi produk flashdisk. Beberapa produsen menggabungkan fitur multimedia pada flashdisk, yaitu dengan lahirnya produk MP3 Player, MP4 Player, memory recorder, hingga perangkat player portabel berkamera.
Sekian uraian tentang Pengertian Flashdisk, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Flashdisk | FAJAR ASHAR | 4.5