Pengertian BEP dan Rumus BEP


Advertisement
Loading...

Pengertian BEP dan Rumus BEP | BEP adalah singkatan dari Break Even Point. BEP atau titik impas merupakan keadaan yang menggambarkan suatu perusahaan yang tidak memperoleh laba dan juga tidak menderita kerugian. Perusahaan akan mencapai keadaan BEP apabila total penerimaan sama dengan total biaya. Analisis break even point (BEP), atau biasa juga disebut analisis titik impas, merupakan teknik analisis yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui atau merencanakan jumlah produksi perusahaan pada saat tidak untung dan tidak mgi. Analisis BEP dapat digunakan dengan asumsi jumlah produksi sama dengan jumlah penjualan. Analisis break even point dapat digunakan untuk merencanakan jumlah produksi yang dapat mendatangkan laba bagi perusahaan, yaitu dengan cara mengusahakan agar jumlah produksi perusahaan lebih besar dari jumlah produksi pada saat BEP. 
Pengertian BEP dan Rumus BEP
Pengertian BEP dan Rumus BEP
Hal yang harus diperhatikan dalam analisis BEP adalah bahwa biaya produksi yang dikeluarkan diklasifikasikan ke dalam biaya tetap dan biaya variabel. Harga jual dan biaya produksi merupakan faktor yang berpengaruh dalam analisis BEP. Dalam operasi perusahaan, harga jual dan biaya produksi seringkali mengalami perubahan. Perubahan harga jual akan mengakibatkan perubahan total penerimaan, sedangkan perubahan biaya tetap atau biaya variabel akan mengakibatkan perubahan total biaya. Perubahan total penerimaan ataupun total biaya yang terjadi akan berakibat pada perubahan nilai BEP. Oleh karena itu, apabila ada perubahan harga jual, biaya variabel ataupun biaya tetap, perusahaan hendaknya menghitung kembali nilai BEP yang disesuaikan dengan adanya perubahan-perubahan tersebut.

Rumus Menghitung BEP

Rumus perhitungan BEP dibagi menjadi dua, yaitu perhitungan BEP dalam unit dan perhitungan BEP dalam rupiah. Untuk menghitung BEP dalam unit dapat dilakukan dengan rumus:
BEP (Unit) = Total Biaya Tetap : (Harga Jual – Biaya per unit)
Sedangkan, untuk menghitung BEP dalam rupiah dapat dilakukan dengan rumus:
BEP (rupiah) = Total Biaya Tetap : 1 – (Biaya per unit : Harga Jual)

Sekian uraian tentang Pengertian BEP dan Rumus BEP, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian BEP dan Rumus BEP | FAJAR ASHAR | 4.5