Pengertian Asas Black


Advertisement
Loading...

Pengertian Asas Black – Apa itu asas Black? Asas Black adalah hukum fisika yang berkaitan dengan suhu zat yang bercampur/bersentuhan. Secara singkat, kalor yang diterima oleh suatu benda sama dengan kalor yang dilepas oleh benda lain. Pernyataan ini dikenal dengan asas Black. Asas Black merupakan kaidah yang berasal dari Hukum Kekekalan Energi, yaitu jumlah seluruh energi selalu tetap. Joseph Black (1728-1799), seorang fisikawan asal Inggris, adalah orang pertama yang mengukur kalor yang dilepas dan yang diterima jika dua benda yang berbeda suhu disentuhkan. 
Pengertian Asas Black
Pengertian Asas Black
Joseph Black memperoleh hasil sebagai berikut:
  • Jika dua benda bercampur, benda yang panas akan memberikan kalornya kepada benda yang dingin. Akibatnya, suhu kedua benda menjadi sama.
  • Kalor yang diserap oleh benda yang dingin sama dengan kalor yang dilepaskan oleh benda yang panas.

Secara matematis, asas Black dapat dituliskan dengan rumus:

Q(lepas) = Q (terima)
Sekian uraian tentang Pengertian Asas Black, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Asas Black | FAJAR ASHAR | 4.5