Pengertian Memo dan Contoh Memo


Advertisement
Pengertian Memo dan Contoh Memo | Apa itu memo? Secara sederhana, pengertian memo atau memorandum adalah pesan singkat yang berisi saran, arahan, atau penjelasan tentang suatu hal. Dalam  pengertian yang lebih lengkap, memo adalah surat yang digunakan oleh pimpinan untuk menyampaikan pesan singkat berupa permintaan, pemberitahuan, atau hal-hal lain kepada bawahan dalam suatu instansi atau organisasi. Komponen penting dalam sebuah memo mencakup kepada siapa memo tersebut ditujukan, dari siapa, tentang apa, dan tanggal pembuatan/penulisan memo. Umumnya, penyampaian memo dan nota berasal dari pimpinan kepada pimpinan yang lain (sederajat), atau dari pimpinan kepada pegawai atau karyawan.

Pengertian Memo dan Contoh Memo
Pengertian Memo dan Contoh Memo
Pada umumnya memo ditulis dengan singkat sederhana dengan bahasa yang cepat mudah dipahami. Memo biasanya hanya berlaku untuk komunikasi secara intern dan dibuat dalam keadaan terpaksa sehingga kadang-kadang penulisan memorandum hanya ditulis dengan tulisan tangan tanpa nomor dan cap instansi dan prosesnya di luar prosedur yang ada.

Perhatikan contoh memo berikut ini:

Contoh memo:

PT Zakapedia
Jl. Bungung Barania No. 34 Bantaeng

Dari: Direktur
Kepada: Manajer Keuangan

Memorandum

Tolong siapkan laporan keuangan terakhir untuk bahan rapat tanggal 1 Februari 2015.

Bantaeng, 27 Januari 2015
(tanda tangan)
Nur Afdan
Sekian uraian tentang Pengertian Memo dan Contoh Memo, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Memo dan Contoh Memo | FAJAR ASHAR | 4.5