Pengertian Jurnalistik Menurut para Ahli


Advertisement
Loading...

Pengertian Jurnalistik Menurut para Ahli | Apa itu jurnalistik? Secara etimologi (kebahasaan) jurnalistik berasal dari kata jurnal dan istik. Jurnal berarti “catatan harian” dan tambahan istik berarti “seni atau teknik”. Sehingga jurnalistik dalam pengertian sederhana bisa diartikan sebagai “seni atau teknik membuat catatan harian”. Orang yang melakukan proses jurnalistik disebut jurnalis. Jurnalistik merupakan salah satu jenis aktivitas khas yang memusatkan perhatian pada cara mencari, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita, serta menyajikannya kepada khalayak melalui media massa baik cetak maupun elektronik.
Pengertian Jurnalistik Menurut para Ahli
Pengertian Jurnalistik Menurut para Ahli
Berikut ini adalah pengertian jurnalistik menurut beberapa ahli:
  • Menurut F. Fraser Bond dalam bukunya An Introduction to Journalism menyatakan: Journalism ambraces all the forms in which and trough which the news and moment on the news reach the public (jurnalistik adalah segala bentuk membuat berita dan ulasan mengenai berita sampai kepada kelompok pemerhati).
  • Menurut Onong U. Effendi: jurnalistik adalah teknik mengelola berita sejak dan mendapatkan bahan Sam pai kepada menyebarluaskannya kepada khalayak. Pada mulanya jurnalistik hanya mengelola hal-hal yang sifatnya informatif saja.
  • Menurut Roland E. Wolseley dalam Understanding Magazines, jurnalistik adalah pengumpulan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi umum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematis dan dapat dipercaya untuk dapat diterbitkan dalam surat kabar, majalah, atau disiarkan di stasiun televisi.
  • Menurut Ensikiopedi Indonesia: jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari secara berkala dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada.
Dari berbagai pengertian jurnalistik tersebut, kita bisa memahami bahwa jurnalistik adalah proses menyebarkanluaskan peristiwa kepada pembaca dengan memperhatikan teknik dan kaidahnya.

Sekian uraian tentang Pengertian Jurnalistik Menurut Ahli, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Jurnalistik Menurut para Ahli | FAJAR ASHAR | 4.5