Pengertian Metabolisme


Advertisement
Pengertian Metabolisme | Metabolisme adalah seluruh proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh organisme. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu metabole yang berarti “berubah”. Metabolisme menyangkut proses pernapasan dan menghasilkan zat sisa. Zat sisa adalah zat-zat hasil sampingan proses metabolisme seperti keringat, urin, feses, dan CO2. Khusus pada tumbuhan, metabolisme menyangkut proses fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen dan juga melepaskan karbondioksida saat malam hari. Metabolisme yang terjadi dalam tubuh dibantu oleh enzim yang mempunyai sifat sebagai biokatalisator. Metabolisme berfungsi untuk mengubah berbagai biomolekul dalam tubuh agar diperoleh energi yang dibutuhkan oleh sistem hidup.
Metabolisme terdiri dari reaksi-reaksi katabolisme (penguraian) dan anabolisme (penyusunan). Anabolisme meliputi reaksi-reaksi kimia untuk membentuk molekul kompleks yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan mempertahankan kehidupan yang disintesis dari zat yang lebih simple disertai penggunaan energi. Sedangkan, reaksi katabolisme meliputi reaksi-reaksi kimia untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang berukuran lebih kecil disertai pelepasan energi.
Sekian uraian tentang Pengertian Metabolisme, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Metabolisme | FAJAR ASHAR | 4.5