Pengertian Kromosom: Apa itu Kromosom?


Advertisement
Pengertian Kromosom: Apa itu Kromosom? | Kromosom adalah benang-benang halus yang tersusun dari asam nukleat, seperti DNA dan RNA. Kromosom berasal dari kata chrome artinya berwarna dan soma artinya badan. Olehnya itu, kromosom dapat berarti badan yang menyerap warna. Kromosom terdapat pada nukleus (inti sel) setiap sel. Kromosom biasanya diamati pada tahap metafase saat pembelahan mitosis maupun meiosis. Kromosom tampak seperti batang yang mengandung struktur yang terdiri dari benang-benang tipis melingkar-lingkar. Di sepanjang benang-benang inilah terletak secara teratur struktur yang disebut gen. Tempat gen dalam kromosom disebut lokus gen. 
Pengertian Kromosom: Apa itu Kromosom?
Ilustrasi
Kromosom memiliki dua lengan, dan antara lengan yang satu dengan yang lain dibatasi oleh lekukan primer, sentromer, atau kinetokor. Lekukan primer membatasi pertemuan dua lengan. Pada lekukan tersebut terdapat daerah bening yang mengandung granula. Lekukan tersebut dinamakan sentromer atau kinetokor. Fungsi sentromer berhubungan dengan penarikan benang spindel ketika terjadi pembelahan. Pada beberapa kromosom terdapat lekukan sekunder yang berada di sepanjang lengan dan berhubungan dengan nukleolus. Oleh karena itu, disebut NOR (Nucleolar Organizing Regions). Untuk mempertahankan kestabilannya. pada setiap ujung kromosom diiengkapi dengan struktur yang khas disebut telomer. Fungsi telomer ialah menjamin agar replikasi ADN berlangsung dengan sempurna. Karena pentingnya telomer, sel yang kromosom telomernya mengalami kerusakan umumnya segera mati.
Bentuk dan struktur kromosom
Bentuk dan Struktur kromosom
Berdasarkan letak sentromernya. kromosom dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut.
  • Kromosom Metasentrik: Kromosom metasentrik adalah kromosom yang sentromernya membagi lengan kromosom sama panjang sehingga bentuknya seperti huruf V.
  • Kromosom submetasentrik: Kromosom submetasentrik adalah kromosom yang letak sentromernya dekat dengan tengah kromosom sehingga kromosom yang demikian memiliki bentuk seperti huruf L.
  • Kromosom akrosentrik: Kromosom akrosentrik adalah kromosom yang letak sentromernya dekat dengan ujung.
  • Kromosom telosentrik: Kromosom telosentrik adalah kromosom yang sentromemya tertetak di ujung kromosom sehingga hanya memiliki satu lengan.
macam macam kromosom berdasarkan sentromernya
Macam Macam Kromosom
Kromosom bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas) yang diwariskan dari induk kepada keturunannya. Jumlah kromosom setiap sel organisme berbeda pada organisme yang berbeda jenis. Ukuran kromosom juga sangat bervariasi antara satu jenis organisme dengan jenis organisme lainnya. Kromosom dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom).
  • Kromosom Tubuh (autosom): Kromosom tubuh (autosom) berperan mengatur sifat-sifat tubuh, bersifat diploid (2n), dan berjumlah 46 atau 23 pasang pada manusia.
  • Kromosom Kelamin (gonosom): Kromosom kelamin (gonosom) berperan dalam menentukan jenis kelamin, bersifat haploid (n), dan berjumlah 23 buah pada manusia.
Sekian uraian tentang Pengertian Kromosom: Apa itu Kromosom?, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Santoso, Begot. 2007. Biologi: Pelajaran Biologi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta:Interplus.
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Kromosom: Apa itu Kromosom? | FAJAR ASHAR | 4.5