Fungsi Akar bagi Tumbuhan


Advertisement
Fungsi Akar bagi Tumbuhan | Mengapa pohon yang memiliki batang besar dan tinggi dapat berdiri kokoh di atas tanah? Mengapa air dan mineral yang ada dalam tanah dapat diserap oleh tumbuhan? Ini terjadi karena peran dari salah satu organ tumbuhan, yaitu akar. Akar berfungsi untuk menopang tanaman agar dapat tegak di atas tanah. Akar berfungsi untuk menyerap air dan zat hara (garam mineral) dari dalam tanah. Penyerapan air dan mineral dari tanah tersebut dilakukan oleh ujung akar yang muda, yang banyak memiliki rambuat akar sehingga memperluas bidang penyerapan. Pada beberapa tanaman, akar berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan berupa tepung, misalnya pada wortel, lobak, dan bengkuang.
Fungsi Akar bagi Tumbuhan
Fungsi Akar
Fungsi akar lainnya adalah untuk membantu proses pernapasan tumbuhan, misalnya pada tumbuhan bakau. Selain itu, akar juga dapat berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif untuk menghasilkan individu baru, misalnya pada tumbuhan dahlia dan sukun.
Sekian uraian tentang Fungsi Akar bagi Tumbuhan, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Fungsi Akar bagi Tumbuhan | FAJAR ASHAR | 4.5