Pengertian Thalassemia


Advertisement
Loading...

Pengertian Thalassemia | Apa itu Thalassemia? Thalassemia adalah penyakit darah berupa anemia hemolitik dan diturunkan sesuai dengan hukum Mendel serta bersifat resesif. Penderita akan mudah mengalami anemia (kurang darah/pucat) karena mereka mengalami hermolisis (pemecahan) pada sel darah merah (eritrosit). Akibat atau menifestasi dan keadaan thalassemia adalah anemia, hiperaktif sumsum tulang (sistem aritropoetik) dan terjadi splenomagali (pembesaran limpa). Pada kedua orang tua yang membawa thalassemia (bukan penderita), keturunannya 75% tidak terkena thalassemia, tetapi yang 25% menderita thalassemia. Kriteria menurunnya autosom resesif ini terjadi bila kedua orang tuanya normal dan biasanya kedua orang tua tersebut masih memiliki hubungan darah. Jumlah penderita pria sama banyak dengan penderita wanita.

Pengobatan terhadap anak-anak penderita thalassemia belum diketahui. Terapi pendukung objektif adalah dengan mempertahankan hemoglobin (Hb) untuk mencegah hipoksia (kekurangan oksigen) pada jaringan. Transfusi merupakan dasar terapi untuk mempertahankan Hb lebih dari 10 mg% dengan cara transfusi darah tiap tiga minggu. Tetapi selanjutnya adalah:
  • menunjang kondisi fisik dan psikis agar dapat berpartisipasi dalam aktivitas normal,
  • mengurangi pembesaran jantung dan hati-limpa,
  • memperkecil perubahan ulang,
  • mempertahankan pertumbuhan mendekati normal, dan
  • memperkecil terjadinya infeksi.
Sekian uraian tentang Pengertian Thalassemia, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Thalassemia | FAJAR ASHAR | 4.5