Pengertian Nefritis: Apa itu Nefritis?


Advertisement
Pengertian Nefritis: Apa itu Nefritis? | Nefritis adalah penyakit yang disebabkan adanya peradangan pada ginjal. Peradangan ginjal biasanya disebabkan oleh infeksi atau akibat suatu reaksi kekebalan yang keliru hingga melukai ginjal. Gejala dari nefritis adalah adanya darah dalam urine (hematuria), adanya protein dalam urine (proteinuria), dan kerusakan fungsi hati. Untuk mengatasi gagal ginjal dan memperpanjang harapan hidup penderita, dilakukan cuci darah atau pencangkokan ginjal. Cuci darah ditujukan untuk memperbaiki keseimbangan cairan tubuh dan mineral yang ada dalam tubuh. Proses cuci darah dilakukan sekali hingga tiga kali seminggu tergantung kondisi pasien. Proses pencucian sendiri berlangsung selama 4-6 jam. 

Bagi penderita gagal ginjal yang telah mendapat cuci darah, masih harus mempertahankan kondisinya melalui pengaturan makanan dan minuman sesuai dengan rekomendasi ahli gizi. Pada saat ini cangkok ginjal sudah dapat dilakukan di Indonesia, tetapi adanya keterbatasan donor ginjal menyebabkan program cangkok ginjal belum berjalan dengan baik.
Sekian uraian tentang Pengertian Nefritis: Apa itu Nefritis?, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Nefritis: Apa itu Nefritis? | FAJAR ASHAR | 4.5