Pengertian Berat Benda


Advertisement
Loading...

Pengertian Berat Benda | Berat benda adalah besarnya gaya gravitasi bumi terhadap benda itu. Jadi, berat termasuk gaya sehingga merupakan besaran vektor. Berat benda bergantung pada besar gravitasi di tempat benda itu berada. Arah vektor berat searah dengan gaya gravitasi, yaitu menuju pusat bumi. Ukuran berat benda dinyatakan dengan satuan gaya, misalnya newton (N). Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa massa yang besar juga mempunyai berat yang besar. Jadi, massa dan berat berbanding lurus, semakin besar massa benda beratnya juga semakin besar. Berat benda diukur dengan menggunakan neraca pegas (dinamometer). Berat benda dalam fisika, dirumuskan:
w = m.g (w = berat benda (N), m = massa benda (Kg), dan g = percepatan gravitasi m/s^2)

Pengertian Berat Benda
Neraca Pegas mengukur Berat Benda
Berat benda juga sangat bergantung pada percepatan gravitasi. Oleh karena, percepatan gravitasi disetiap titik di alam semesta berbeda, maka suatu benda dapat memiliki berat berbeda-beda tergantung dimana benda tersebut diukur beratnya. Sepotong besi di bumi akan berbeda beratnya jika potongan besi tersebut diukur di bulan (percepatan gravitasi bulan =  1/6 x percepatan gravitas bumi).
Sekian uraian tentang Pengertian Berat Benda, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Berat Benda | FAJAR ASHAR | 4.5