Pengertian Cermin dan Jenis Cermin


Advertisement
Loading...

Pengertian Cermin dan Jenis Cermin | Cermin adalah salah satu benda yang dapat memantulkan cahaya. Banyak benda-benda lain di sekitar kita yang dapat memantulkan cahaya, misalnya air di kolam dan benda-benda yang terbuat dari logam mengilat seperti emas, perak, dan perunggu. Suatu benda dapat memantulkan cahaya, jika kita dapat melihat bayangan kita atau benda lain pada permukaan benda tersebut. Pemantulan pada suatu permukaan benda memiliki dua jenis sinar, yaitu sinar datang dan sinar pantul. Kedua sinar tersebut membentuk sudut pantul dengan besar tertentu. Cermin terdiri atas tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Cermin datar adalah cermin yang biasa kita gunakan ketika bercermin. Cermin datar adalah cermin yang bentuk permukaannya datar. Bayangan hasil pemantulan pada cermin datar adalah maya, sama tegak dengan benda aslinya dan sama besar dengan benda aslinya. 
Pengertian Cermin dan Jenis Cermin
Cermin
Cermin cembung adalah cermin yang permukaannya cembung dan bersifat divergen (menyebarkan sinar). Cermin cembung hanya dapat membentuk bayangan maya dari sebuah benda. Cermin cembung banyak dijumpai di spion kendaraan dan cermin pengawas di toko swalayan. Cermin cembung mempunyai sifat memperkecil bayangan benda. Oleh karena itu bayangan yang tampak pada spion terlihat lebih kecil.

Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya cekung dan bersifat konvergen (mengumpulkan sinar). Cermin cekung dapat membentuk bayangan nyata dan sebuah benda. Bayangan nyata terbentuk kalau benda jauh dan cermin. Bayangan semu terbentuk kalau benda dekat dengan cermin. Bayangan semu biasanya lebih besar dari bendanya. Bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap pada layar. Bayangan semu adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap pada layar. Cermin cekung banyak dijumpai pada lampu senter atau lampu sorot mobil sebagai reflektor. Reflektor membuat sinar yang dikeluarkan lampu senter dan lampu mobil menyebar, meskipun lampu mobil dan senter kecil.
Sekian uraian tentang Pengertian Cermin dan Jenis Cermin, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Cermin dan Jenis Cermin | FAJAR ASHAR | 4.5