Pengertian Transpirasi Tumbuhan


Advertisement
Loading...

Pengertian Transpirasi Tumbuhan | Transpirasi dalam bahasa Latin “Trans” berarti “melintasi” dan “Spirare” berarti “mengisap”. Pengertian transpirasi tumbuhan adalah suatu proses penguapan atau pelepasan uap air pada tumbuhan melalui stomata, kutikula, dan lentisel. Aliran molekul air ini berasal dari akar, batang, dan akhirnya ke daun lewat xilem. Adanya kegiatan transpirasi daun menyebabkan daun memiliki daya isap terhadap air dan zat-zat terlarut di dalamnya dari batang maupun akar. Daya-daya yang menyebabkan air naik dari akar ke batang hingga ke daun, yaitu:
Transpirasi Tumbuhan
  • Adanya tekanan akar sekalipun hanya menaikkan aliran air dalam beberapa meter saja.
  • Adanya daya kohesi dan adhesi antarmolekul air dengan dinding kapiler xilem.
  • Adanya daya kapiler xilem (pembuluh kayu) sekalipun hanya dapat setinggi beberapa puluh meter.
  • Adanya daya isap daun sehingga memperlancar aliran molekul air dari akar ke batang hingga dikeluarkan dari daun melalui stomata atau kutikula.
Dampak positif dari kegiatan transpirasi tersebut adalah zat-zat yang terlarut dalam air tanah, berupa garam-garam tanah dan zat hara lainnya ikut terisap ke tubuh tanaman untuk keperluan hidupnya.
Sekian uraian tentang Pengertian Transpirasi Tumbuhan. Silahkan lihat daftar pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.
Loading...
FAJAR ASHAR (1035 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Transpirasi Tumbuhan | FAJAR ASHAR | 4.5