Pengertian Penyakit Malaria


Advertisement
Pengertian Penyakit Malaria | Istilah malaria berasal dari bahasa latin “Mal” yang berarti “buruk” dan “Aria” yang berarti “udara”. Pengertian penyakit malaria adalah suatu penyakit demam yang disebabkan oleh Plasmodium yang ditularkan nyamuk dari genus Anopheles, yang gejalanya dimulai dari timbulnya rasa dingin menggigil dirasakan oleh penderita, demam, dan penurunan panas disertai pengeluaran keringat yang banyak. Berdasarkan gejala demamnya, dikenal ada tiga jenis malaria, yaitu:
Nyamuk Malaria
  • Malaria tertiana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang sehari, dan penyebabnya ialah Plasmodium vivax.
  • Malaria kuartana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang dua hari, dan penyebabnya ialah Plasmodium malaric.
  • Malaria tropikana, yaitu malaria yang gejala demamnya tidak teratur, dapat terjadi tiap hari, bersifat gawat seringkali bersifat fatal, dan penyebabnya ialah Plasmodium falciparum.
Sekian uraian tentang Pengertian Penyakit Malaria. Silahkan lihat daftar pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat. 
Loading...
FAJAR ASHAR (1036 Posts)

Saya FAJAR ASHAR, lahir di Bantaeng, 11 Agustus 1990. Saya pernah belajar di SDN 2 Lembang Cina Bantaeng, SMPN 1 BANTAENG, SMAN 2 BANTAENG, JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dan sekarang melanjutkan MAGISTER di FISIKA UNHAS. Saya memiliki ketertarikan menulis di pengertian, kesehatan, manfaat, teknologi, game dan harga hp. Oleh karena itu pada situs ini banyak membahas hal tersebut.


Pengertian Penyakit Malaria | FAJAR ASHAR | 4.5